Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 Revisi 2016 Yang Wajib Diketahui Guru


Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 Revisi 2016 Yang Wajib Diketahui Guru 

  
Sahabat Gak Belajar yang berbahagia, dikutip dari Posting di Forum Guru Indonesia ihwal Perubahan Kurikulum 2013 Tahun 2016, sangat penting sekali untuk diketahui oleh semua guru terutama bagi guru yang sekolahnya melakukan Kurikulum 2013. Hasil revisi kurikulum 2013 tentunya ada perubahan, dan perlu kita telah ketahui bahwa Mulai Juli 2016 Kurikulum 2013 Diberlakukan Secara Nasional.  Adapun Perubahannya terletak pada PEMBELAJARAN, PENILAIAN DAN KETUNTASAN BELAJAR berikut kesimpulan perubahan yang perlu disampaikan kepada guru di seluruh indonesia : 

1.    Nama kurikulum tidak bermetamorfosis kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi  yang berlaku secara Nasional.
2.    Penilaian perilaku KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun KI tetap dicantumkan dalam penulisan RPP.
3.    Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yang diambil yaitu nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot evaluasi harian, dan evaluasi selesai semester itu sama.
4.    pendekatan scientific  5Mbukanlah satu-satunnya metode dikala mengajar dan apabila dipakai maka susunannya tidak harus berurutan.
5.    Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan acara pembelajaran.
6.    Perubahan terminologiulangan harian menjadi  penilaian harian, uas menjadi  penilaian selesai semester  untuk semester 1 dan penilaian selesai tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, pribadi ke evaluasi selesai semester.
7.    Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang dipakai dan materi dibentuk dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik evaluasi  (jika ada).
8.    Skala penilaian menjadi  1-100. Penilaian sikap  diberikan dalam bentuk  predikat dan deskripsi.
9.    Remedialdiberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial yaitu nilai yang dicantumkan dalam hasil.

Demikian Sahabat Gak Belajar yang sanggup disampaikan, untuk selanjutnya akan saya posting lebih rinci mengenai PENILAIAN dalam pembelajaran DAN KETUNTASAN BELAJAR pada kurikulum 2013 revisi 2016.

Semoga Bermanfaat, Aamiin

Related Posts