Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring

Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring


Sahabat Gak Belajar yang berbahagia, Sebagaimana telah disebutkan dalam peningkatan kompetensi Guru Pembelajar dilaksanakan denga 3 (tiga) moda, yaitu tatap muka, daring dan daring kombinasi. Khusus yang kita bahas disini ialah mengenai Guru Pembelajar moda daring dan daring kombinasi.

Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN GURU PEMBELAJAR


Pendekatan pembelajaran pada Guru Pembelajar moda daring mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Menuntut pembelajar untuk membangun dan membuat pengetahuan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri (constructivism);
  2. Pembelajar akan berkolaborasi dengan pembelajar lain dalam membangun pengetahuannya dan memecahkan problem secara gotong royong (social constructivism);
  3. Membentuk suatu komunitas pembelajar (community of learners) yang inklusif;
  4. Memanfaatkan media laman (website) yang sanggup diakses melalui internet, pembelajaran berbasis komputer, kelas virtual, dan atau kelas digital;
  5. Interaktivitas, kemandirian, aksesibilitas, dan pengayaan;


1. Guru Pembelajar Moda Daring


Gambaran umum  model pembelajaran pada Guru Pembelajar yang memakai moda daring sebagai berikut.

Melalui moda ini, penerima mempunyai keleluasaan waktu belajar. Peserta sanggup berguru kapanpun dan dimanapun, sehingga tidak perlu meninggalkan kewajibannya sebagai guru dalam mendidik.

Peserta sanggup berinteraksi dengan pengampu/mentor secara synchronous – interaksi berguru pada waktu yang bersamaan ibarat dengan memakai video call, telepon atau live chat, maupun asynchronous – interaksi berguru pada waktu yang tidak bersamaan melalui kegiatan pembelajaran yang telah disediakan secara elektronik dengan memakai lembaga atau message.

Dalam pelaksanaan moda daring, dikembangkan dua model sebagai berikut :

a. Model 1

Sahabat Gak Belajar, Pembelajaran Guru Pembelajar pada model ini hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Dengan memanfaatkan TIK, penerima secara penuh melaksanakan pembelajaran daring dengan mengakses dan mempelajari materi ajar, mengerjakan lembar kerja, berdiskusi serta membuatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan penerima Guru Pembelajar lainnya. Selama proses pembelajaran, penerima difasilitasi secara daring penuh oleh pengampu, ibarat pada Gambar 1.

Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring
Gambar 1 model 1

b. Model 2

Sahabat Gak Belajar, Pembelajaran pada Guru Pembelajar moda daring – Model 2 melibatkan peserta, mentor dan pengampu. Guru Pembelajar moda daring model ini dilakukan secara daring penuh dengan menggabungkan interaksi antara peserta, mentor dan atau pengampu, dengan model pembimbingan ibarat pada Gambar 2 berikut:
  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan penerima secara daring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan penerima secara daring.
Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring
Gambar 2 Model 2

2. Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi


Sahabat Gak Belajar, Pada moda kombinasi ini, penerima melaksanakan interaksi berguru secara daring dan tatap muka. Interaksi berguru daring dilakukan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dengan memanfaatkan teknologi gosip dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan sanggup dilakukan kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan penerima lainnya di sentra berguru (PB) yang telah ditetapkan dan difasilitasi oleh seorang mentor. Interaksi pada daring kombinasi sanggup dilihat pada Gambar dibawah.

  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu memfasilitasi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan penerima secara daring dan luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan penerima secara daring.

Gambar 3 model GP Kombinasi

Pertemuan tatap muka dilaksanakan sesuai jadwal yang disepakati bersama antara penerima dan mentor.

Demikian Sahabat Gak Belajar mengenai Model Pembelajaran Pada Guru Pembelajar Melalui Moda Daring,  yang sanggup disampaikan agar bermanfaat bagi kita semua, aamiin

Sumber : Juknis Guru Pembelajar
Related Posts