Mengenal Metode Dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar

Tips dan Informasi Seputar Pendidikan, pembelajaran, kurikulum, pendidikan, rpp, perangkat pembelajaran, Buku Pelajaran, Guru Pembelajar, Pendidikan karakter, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah

Belajar dan Pembelajaran, Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar


Sahabat Gak Belajar yang berbahagia, Sebelum kita ke pokok bahasan, Kita Samakan Dulu Persepsi Tentang Pendidikan.

Tujuan terpenting pendidikan yaitu berguru bagaimana berguru (Luis Alberto Machado, Ph.D. ---> dalam Creating The Future)

 Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar

Ungkapan Seorang Filosopher KHONG FU TSE
  1. Yang Saya Dengar, Maka Saya Lupa.
  2. Yang Saya Lihat, Maka Saya Ingat.
  3. Yang Saya Lakukan, Maka Saya Mengerti/Memahami

Sahabat Gak Belajar, Dalam Belajar Dan Membelajarkan selalu Berkaitan Erat Dengan :
  • What (apa)
  • Who (siapa)
  • When (kapan)
  • Why (mengapa)
  • Where (dimana)
  • How (bagaimana)

Kompleksitas Belajar Dan Pembelajaran
  1. Pengaruh Budaya
  2. Pengaruh Sejarah
  3. Hambatan Praktis
  4. Karakteristik Guru Sebagai Pembelajar
  5. Karakteristik Siswa
  6. Proses Belajar

KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG GURU
  1. KOMPETENSI PEDAGOGIK
  2. KOMPETENSI KEPRIBADIAN
  3. KOMPTENSI SOSIAL
  4. KOMPETENSI PROFESIONAL 

A. KOMPETENSI PEDAGOGIK MELIPUTI :
  1. Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan
  2. Pemahaman terhadap akseptor didik
  3. Pengembangan kurikulum / silabus
  4. Perancangan pembelajaran
  5. Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
  6. Pemanfaatan teknologi pembelajaran
  7. Evaluasi hasil belajar
  8. Pengembangan akseptor didik untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimilikinya.

B. KOMPETENSI KEPRIBADIAN MELIPUTI :
  1. Mantap
  2. Stabil
  3. Dewasa
  4. Arif
  5. Berwibawa
  6. Menjadi contoh bagi akseptor didik
  7. Berakhlaq mulia

C. KOMPETENSI SOSIAL MELIPUTI :
  1. Berkomunikasi secara lisan, tulisan, dan isyarat
  2. Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
  3. Bergaul secara efektif dengan akseptor didik, sesama pendidik.
  4. Bergaul secara santun dengan masya-rakat sekitar.

D. KOMPETENSI PROFESIONAL MELIPUTI :
  1. Landasan-landasan pendidikan mencakup : fisiologis, psikologis, ideologis, metodo-logis, dan sosiologis, untuk memahami akseptor didik.
  2. Teori dan aplikasi simpel dari materi bimbing atau bidang studi yang menjadi tanggung-jawabnya.
  3. Teori dan aplikasi simpel administrasi dan teknologi pendidikan modern dan relevan yang dibutuhkan bagi KBP.

PRINSIP-PRINSIP DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
  • PEMBELAJARAN ADALAH MEMOTIVASI DAN MEMBE-RIKAN FASILITAS KEPADA SISWA
  • PEPATAH KHONG FU TSU : “Saya dengar, maka saya lupa; Saya lihat, maka saya ingat, dan saya lakukan, maka saya paham”.
  • SEMAKIN BANYAK ALAT DRIA ATAU INDRA DIAK-TIFKAN DALAM BEL.&PEMBEL. SEMAKIN BANYAK INFORMASI TERSERAP.
  • BELAJAR DALAM BANYAK HAL ADALAH MERUPAKAN SUATU PENGALAMAN 
  • MATERI AKAN LEBIH MUDAH DIKUASAI APABILA SISWA TERLIBAT SECARA EMOSIONAL DALAM KEGI ATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.
  • BELAJAR DIPENGARUHI OLEH MOTIVASI BAIK DARI DALAM (INTRINSIK) MAUPUN LUAR (EKTRINSIK).
  • SEMUA MANUSIA TERMASUK SISWA INGIN DIHARGAI DAN DIPUJI.
  • SETIAP OTAK MANUSIA ADALAH UNIK, OLEH KARENANYA SETIAP SISWA MEMI-LIKI KESAMAAN DAN PERBEDAAN UNTUK MEMAHAMI PELAJARAN 
  • OTAK AKAN LEBIH MUDAH MEREKAM IN-PUT JIKA DALAM KEADAAN SANTAI ATAU RILEKS DIBANDING DALAM KEDAAN TE-GANG.

KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSINYA
  • To tell atau Menjelaskan
  • To sell atau Menjual Gagasan
  • To learn atau Belajar
  • To decide atau memutuskan 

JENIS-JENIS KOMUNIKASI :
  • Komunikasi Verbal
  • Komunikasi Non-Verbal
  • Komunikasi Antar Pribadi
  • Komunikasi Intrapribadi
  • Komunikasi Organisasi
  • Komunikasi Antar Budaya

MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA
  • Penyampaian materi sanggup diseragamkan
  • Proses instruksional lebih menarik
  • Proses berguru lebih interaktif
  • Jumlah waktu pembelajaran sanggup dikurangi
  • Kualitas berguru sanggup ditingkatkan
  • Proses berguru sanggup terjadi kapan dan dimana saja
  • Meningkatkan perilaku positif siswa terhadap proses dan materi  ajar
  • Peran pembelajar sanggup berubah ke arah positif dan produktif.

KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK
  • Media menyajikan informasi yang sesuai dengan tujuan dan materi
  • Sesuai dengan karakteristik kelas terma-suk jumlah siswa
  • Sesuai dengan acara berguru dan pem-belajaran yang dirancang
  • Sesuai dengan daerah penyelenggaraan berguru dan pembelajaran 
  • Memuat informasi yang sanggup memicu terjadinya proses pembelajaran interaktif
  • Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya.
  • Sebaiknya sanggup dioperasikan sendiri oleh guru atau tenaga operator.
  • Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana.
  • Biaya yang diharapkan untuk penga-daan dan pengoperasian serta pera-watan masih dalam denah kemam-puan anggaran sekolah

PENCIPTAAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN
  1. Menggunakan ketrampilan bertanya
  2. Memberikan penguatan
  3. Melakukan variasi pembelajaran
  4. Menjelaskan dengan bahasa siswa
  5. Membuka dan menutup pelajaran
  6. Membimbing diskusi kelompok
  7. Mengelola kelas secara baik
  8. Mengajar kelompok kecil dan perorangan

BEBERAPA CIRI GURU KREATIF

Guru kreatif yaitu guru yang selalu bertanya pada diri sendiri wacana :
  1. Apakah saya sudah menjadi guru yang baik ?
  2. Apakah saya sudah mendidik dengan benar ?
  3. Apakah anak didik saya mengerti pelajaran yang saya sampaikan ?
  4. Ia selalu melaksanakan introspeksi diri
  5. Ia selalu merasa kurang dalam proses pembelajarannya
  6. Ia tidak pernah puas dengan apa yang telah ia lakukan
  7. Selalu ada penemuan gres yang ia ciptakan dalam proses pembelajaran
  8. Ia selalu memperbaiki proses pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  9. Ia selalu berguru sesuatu yang baru
  10. Ia merasa tertarik untuk memperbaiki cara mengajarnya. 

10 LANGKAH MENJADI GURU IDEAL DAN INOVATIF
  1. Menguasai materi pelajaran secara mendalam
  2. Mempunyai wawasan yang luas
  3. Komunikatif
  4. Dialogis
  5. Menggabungkan teori dan praktek
  6. Bertahap
  7. Memiliki variasi pendekatan
  8. Tidak memalingkan materi
  9. Tidak terlalu menekan dan memaksa
  10. Humoris tapi serius

GURU IDEAL ADALAH GURU YANG MEMILIKI 5 KECERDASAN
  • Kecerdasan intelektual
  • Kecerdasan moral
  • Kecerdasan sosial 
  • Kecerdasan emosional
  • Kecerdasan motorik

UPAYA BELAJAR MENYENANGKAN (Joyfull Learning)
  • Ciptakan lingkungan tanpa stres (relaks)
  • Menjamin bahwa subyek pelajaran yaitu relevan
  • Menjamin bahwa berguru secara emosional yaitu positif
  • Melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan kanan
  • Menantang otak Anda untuk sanggup berpikir jauh ke depan dan mengekplorasi yang se dang dipelajari.
  • Mengkonsolidasikan materi yang telah di-pelajari dengan meninjau ulang. 

TEORI KECERDASAN GANDA  (Howard Gardner)
  1. Kecerdasan verbal linguistik
  2. Kecerdasan logis matematis
  3. Kecerdasan visual – spasial
  4. Kecerdasan kinestetik – tubuh
  5. Kecerdasan musikal
  6. Kecerdasan interpersonal
  7. Kecerdasan intrapersonal
  8. Kecerdasan naturalis
  9. Kecerdasan spiritual
  10. Kecerdasan eksistensial 

TINGKAT PENYERAPAN DALAM BELAJAR
  • 20 % DARI YANG KITA BACA
  • 30 % DARI YANG KITA DENGAR
  • 40 % DARI YANG KITA LIHAT
  • 50 % DARI YANG KITA KATAKAN
  • 60 % DARI YANG KITA KERJAKAN 
  • 90 % DARI YANG KITA LIHAT, KITA  DENGAR, KITA KATAKAN DAN SEKALIGUS KITA KERJAKAN 

Sahabat Gak Belajar, Demikian yang sanggup disampaikan mengenai Belajar dan Pembelajaran, dalam Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar, supaya bermanfaat bagi kita semua, aamiin
Related Posts