Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Smp

Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP


Sahabat Gak Belajar yang berbahagia, Literasi Sekolah dalam konteks GLS yakni kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
 Sahabat Gak Belajar yang berbahagia Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP

GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

baca juga :
> Beginilah Cara Menata Sarana Literasi Sekolah di SD.
> Strategi Membangun Budaya Literasi Sekolah.
> Parameter sekolah yang telah membangun budaya literasi.

Sahabat Gak Belajar, Panduan GLS di Sekolah Menengah Pertama (Buku Panduan sanggup diambil pada link di final artikel) ini berisi klarifikasi pelaksanaan kegiatan literasi di Sekolah Menengah Pertama yang terbagi menjadi tiga tahap, yakni: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Ruang lingkup GLS di Sekolah Menengah Pertama meliputi:
  1. Lingkungan fisik sekolah (ketersediaan fasilitas, sarana prasarana literasi);
  2. Lingkungan sosial dan afektif (dukungan dan partisipasi aktif semua warga sekolah) dalam melakukan kegiatan literasi SMP; dan
  3. Lingkungan akademik (adanya acara literasi yang aktual dan bisa dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah).

Adapun Sasaran GLS ini di tujukan bagi guru sebagai pendidik dan pustakawan sebagai tenaga kependidikanuntuk membantu mereka melakukan kegiatan literasi di SMP. Selain itu, kepala sekolah perlu mengetahui isi panduan ini guna memfasilitasi guru dan pustakawan untuk menjalankan tugas mereka dalam kegiatan literasi sekolah.

Tahap-Tahap Gerakan Literasi Sekolah Di Smp :
  1. Penumbuhan minat baca melalui kegiatan 15 menit membaca (Permendikbud No. 23 Tahun 2015).
  2. Meningkatkan kemampuan literasi melalui kegiatan menanggapi buku pengayaan.
  3. Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: memakai buku pengayaan dan taktik membaca di semua mata pelajaran.

Sahabat Gak Belajar, Lebih jelasnya silahkan ambil Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Menengah Pertama dibawah ini :


Demikianlah yang sanggup disampaikan mengenai Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP, biar bermanfaat bagi kita semua, aamin.
Related Posts