Mengenal Metode Dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar
Tips dan Informasi Seputar Pendidikan, pembelajaran, kurikulum, pendidikan, rpp, perangkat pembelajaran, Buku Pelajaran, Guru Pembelajar, Pendidikan karakter, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah
PRINSIP-PRINSIP DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
:
>> Buku Pedoman Bimbingan Konseling untuk SD, SMP, SMA, SMK
>> PENERAPAN GIZI SEIMBANG KANTIN SEHAT DI SEKOLAH
>> Prinsip Penerapan Penumbuhan Budi Pekerti
KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSINYA
JENIS-JENIS KOMUNIKASI :
MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA
KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK
PENCIPTAAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN
BEBERAPA CIRI GURU KREATIF
Guru kreatif adalah guru yang selalu bertanya pada diri sendiri wacana :
10 LANGKAH MENJADI GURU IDEAL DAN INOVATIF
<< Baca Sebelumnya | Baca Selanjutnya >>
Belajar dan Pembelajaran, Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar
PRINSIP-PRINSIP DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
- PEMBELAJARAN ADALAH MEMOTIVASI DAN MEMBE-RIKAN FASILITAS KEPADA SISWA
- PEPATAH KHONG FU TSU : “Saya dengar, maka saya lupa; Saya lihat, maka saya ingat, dan saya lakukan, maka saya paham”.
- SEMAKIN BANYAK ALAT DRIA ATAU INDRA DIAK-TIFKAN DALAM BEL.&PEMBEL. SEMAKIN BANYAK INFORMASI TERSERAP.
- BELAJAR DALAM BANYAK HAL ADALAH MERUPAKAN SUATU PENGALAMAN
- MATERI AKAN LEBIH MUDAH DIKUASAI APABILA SISWA TERLIBAT SECARA EMOSIONAL DALAM KEGI ATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.
- BELAJAR DIPENGARUHI OLEH MOTIVASI BAIK DARI DALAM (INTRINSIK) MAUPUN LUAR (EKTRINSIK).
- SEMUA MANUSIA TERMASUK SISWA INGIN DIHARGAI DAN DIPUJI.
- SETIAP OTAK MANUSIA ADALAH UNIK, OLEH KARENANYA SETIAP SISWA MEMI-LIKI KESAMAAN DAN PERBEDAAN UNTUK MEMAHAMI PELAJARAN
- OTAK AKAN LEBIH MUDAH MEREKAM IN-PUT JIKA DALAM KEADAAN SANTAI ATAU RILEKS DIBANDING DALAM KEDAAN TE-GANG.
:
>> Buku Pedoman Bimbingan Konseling untuk SD, SMP, SMA, SMK
>> PENERAPAN GIZI SEIMBANG KANTIN SEHAT DI SEKOLAH
>> Prinsip Penerapan Penumbuhan Budi Pekerti
KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSINYA
- To tell atau Menjelaskan
- To sell atau Menjual Gagasan
- To learn atau Belajar
- To decide atau memutuskan
JENIS-JENIS KOMUNIKASI :
- Komunikasi Verbal
- Komunikasi Non-Verbal
- Komunikasi Antar Pribadi
- Komunikasi Intrapribadi
- Komunikasi Organisasi
- Komunikasi Antar Budaya
MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA
- Penyampaian materi sanggup diseragamkan
- Proses instruksional lebih menarik
- Proses berguru lebih interaktif
- Jumlah waktu pembelajaran sanggup dikurangi
- Kualitas berguru sanggup ditingkatkan
- Proses berguru sanggup terjadi kapan dan dimana saja
- Meningkatkan perilaku faktual siswa terhadap proses dan materi ajar
- Peran pembelajar sanggup berubah ke arah faktual dan produktif.
KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK
- Media menyajikan isu yang sesuai dengan tujuan dan materi
- Sesuai dengan karakteristik kelas terma-suk jumlah siswa
- Sesuai dengan acara berguru dan pem-belajaran yang dirancang
- Sesuai dengan daerah penyelenggaraan berguru dan pembelajaran
- Memuat isu yang sanggup memicu terjadinya proses pembelajaran interaktif
- Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya.
- Sebaiknya sanggup dioperasikan sendiri oleh guru atau tenaga operator.
- Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana.
- Biaya yang diharapkan untuk penga-daan dan pengoperasian serta pera-watan masih dalam denah kemam-puan anggaran sekolah
PENCIPTAAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN
- Menggunakan ketrampilan bertanya
- Memberikan penguatan
- Melakukan variasi pembelajaran
- Menjelaskan dengan bahasa siswa
- Membuka dan menutup pelajaran
- Membimbing diskusi kelompok
- Mengelola kelas secara baik
- Mengajar kelompok kecil dan perorangan
BEBERAPA CIRI GURU KREATIF
Guru kreatif adalah guru yang selalu bertanya pada diri sendiri wacana :
- Apakah saya sudah menjadi guru yang baik ?
- Apakah saya sudah mendidik dengan benar ?
- Apakah anak didik saya mengerti pelajaran yang saya sampaikan ?
- Ia selalu melaksanakan introspeksi diri
- Ia selalu merasa kurang dalam proses pembelajarannya
- Ia tidak pernah puas dengan apa yang telah ia lakukan
- Selalu ada penemuan gres yang ia ciptakan dalam proses pembelajaran
- Ia selalu memperbaiki proses pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Ia selalu berguru sesuatu yang baru
- Ia merasa tertarik untuk memperbaiki cara mengajarnya.
10 LANGKAH MENJADI GURU IDEAL DAN INOVATIF
<< Baca Sebelumnya | Baca Selanjutnya >>
Related Posts