Registrasi Dapodikdasmen : Offline Atau Online??? Berikut Cara Yang Benar

Cara Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen

Sahabat Gak Belajar yang berbahagia, mengen4i Aplikasi Dapodikdasmen, Tahapan berikutnya sehabis selesai melaksanakan instalasi yaitu melaksanakan pendaftaran aplikasi. Registrasi aplikasi ini harus dilakukan oleh operator sehabis melaksanakan install baru/install ulang memakai file installer. Akan tetapi jikalau hanya melaksanakan proses upgrade versi yaitu installasi memakai file updater maka tidak diharapkan untuk pendaftaran aplikasi.
Pilihan pendaftaran secara online atau offline
Perbedaan pendaftaran pada aplikasi versi 2016 yakni pada fungsinya. Proses pendaftaran yang sebelumnya sebagai proses tambah data pengguna (operator sekolah) sekarang berubah fungsinya menjadi verifikasi data pengguna. Username dan password harus terdaftar sebelumnya di server Dapodik semester sebelumnya serta harus cocok dengan aba-aba pendaftaran milik sekolah yang dulu didaftarkan pada aplikasi dapodikdasmen singkronisasi terakhir pada tahun Sebelumnya.

Untuk Tambah data pengguna gres (operator sekolah) sanggup dilakukan di KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Proses pendaftaran di aplikasi Dapodik versi 2016 sanggup dilakukan secara onlline atau offline.

a. Registrasi secara online

Jika pengguna melaksanakan pendaftaran secara online, pengguna tidak perlu memakai file prefill. Cukup menginputkan data username, password dan aba-aba pendaftaran yang sempurna maka proses pendaftaran sanggup dilakukan. Proses pendaftaran online kurang lebih berlangsung selama 5 menit jikalau koneksi internet lancar.
Proses pendaftaran online
Jika terdapat kesalahan data maka akan muncul peringatan data sekolah tidak ditemukan atau data pengguna salah. Pada proses pendaftaran yang berhasil maka akan muncul notifikasi Sinkronisasi selesai, kemudian diarahkan ke halaman login aplikasi.
Notifikasi pendaftaran online yang berhasil


b. Registrasi secara offline

Proses registasi secara offline, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yaitu:
  • Siapkan file prefill yang sudah berhasil diunduh .
  • Pastikan nama file prefill hasil unduhan tidak mempunyai angka (1), (2), dst. Hal tersebut disebabkan oleh pengguna yang pernah mengunduh file prefill lebih dari satu kali dan disimpan di tempat/direktori yang sama.
File prefill
Pada gambar di atas, gambar dengan nomor 1 yakni pola penulisan nama pada prefill yang salah lantaran terdapat angka (1), (2), dst. Sedangkan gambar dengan nomor 2 yakni pola file prefill yang benar.
  • Selanjutnya, taruh file prefill di direktori C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.
Folder prefill_dapodik di drive C:\
  • Setelah selesai, selanjutnya jalankan aplikasi Dapodik yang berada di Start Menu atau klik ganda ikon Dapodik yang ada di Desktop.
Ikon Dapodik di Desktop
  • Selain menjalankan aplikasi melalui short-cut di Desktop, pengguna juga sanggup menjalankan aplikasi dengan cara memasukkan alamat localhost:5774 di address kafetaria peramban web.
Alamat aplikasi dapodik
  • Tampilan pendaftaran akan muncul secara otomatis sehabis melaksanakan instalasi aplikasi.
  • Isi lengkap form pendaftaran yang tertera di aplikasi Dapodik, kemudian klik “Submit”
Proses pendaftaran offline
  • Setelah berhasil melaksanakan registrasi, akan ada peringatan “Proses sinkronisasi telah selesai”.
Proses pendaftaran online berhasil
  • Sila lakukan login memakai username dan password yang sudah berhasil diregistrasikan kemudian klik “Masuk”.
Laman login utama aplikasi dapodik
Demikian sobat Gak Belajar, perlu diperhatikan jikalau  Tampilan aplikasi dapodikdasmen masih  4.1.1 atau versi usang Silahkan F5 (Refresh) Brower Anda. tampilan Dapodik 2016 Akan Muncul... Selamat mencoba. SALAM SATU DATA PENDIDIKAN. DAPODIKDASMEN 2016

sumber : panduan penggunaan aplikasi dapodikdasmen 2016



0 Response to "Registrasi Dapodikdasmen : Offline Atau Online??? Berikut Cara Yang Benar"

Posting Komentar