Inilah Langkah Pembelajaran Guru Pembelajar Dalam Jaringan (Moda Daring)

Langkah Pembelajaran Guru Pembelajar dalam Jaringan (MODA DARING)


Gak Belajar, Dikutip dari Juknis Progr4m peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda dalam jejaring sanggup dijabarkan mengenai Langkah-langkah Guru Pembelajar dalam Jaringan (Moda Daring) dalam situs LMS. yang terdiri dari ; Bagian pengantar, sesi pendahuluan, sesi inti (materi pedagogik satu sesi dan bahan profesional 3 sebanyak 3 sesi), dan sesi penutup. untuk lebih jelasnya sanggup dijabarkan sebagai berikut :

Pengantar

Pada bab pengantar Sistem Guru Pembelajar Moda Daring ditampilkan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

  1. Pengumuman dan Berita Forum, yaitu Informasi dan informasi dari pengampu/mentor untuk peserta
  2. Forum Umum, merupakan lembaga umum yang terbuka selama pembelajaran daring berlangsung. Tujuan lembaga ini yakni untuk mewadahi acara diskusi, membuatkan pengalaman dan saling membantu memecahkan hambatan selama kegiatan berlangsung. Forum ini yakni lembaga milik peserta, bagi dan untuk peserta.
  3. Glosarium, Glosarium ini berisi daftar istilah yang dipakai dalam modul daring
  4. Petunjuk Penggunaan, berisi ikon-ikon yang dipergunakan dalam Guru Pembelajar Moda Daring
  5. Tips dan Trik Pengampu, berisi Tips dan Trik dalam mengelola pembelajaran Guru Pembelajar Daring bagi pengampu mencakup penggunaan kemudahan Web conference, Chatting, Forum, Message, Blog, E-portofolio, dan Umpan balik (smiley face)
  6. Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu, berisi informasi bahwa dalam sistem pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring, pengampu berperan sebagai fasilitator, motivator dan asesor bagi peserta. Oleh alasannya yakni itu, sangat diharapkan bagi pengampu di setiap kelas daring untuk menunjukkan kontribusinya biar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas pembelajaran, baik antar sesama penerima maupun antar pengampu dengan peserta.
  7. Frequently Asked Questions (FAQs).
  8. Blog Refleksi, Refleksi pembelajaran ini sanggup dipakai untuk mencurahkan pengalaman belajar, pesan, dan kesan yang dialami selama mengikuti pembelajaran pada modul ini, serta cita-cita yang ingin dicapai melalui pembelajaran ini.
  9. E-Portofolio, sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring. Dalam hal inie-portofoliomerupakan kumpulan dokumen penerima pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses mencar ilmu sesuai dengan sasaran kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian diberikomentaroleh pengampu dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada kesannya sanggup dipakai sebagai refleksi pribadi. E-portofolio sanggup berbentuk latihan dan kiprah yang dikerjakan, balasan atas pertanyaan dalam sistem, catatan hasil koreksi atau observasi pengampu, laporan kegiatan dan goresan pena atau jurnal yang dibentuk peserta.

Sesi Pendahuluan


Kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Daring diawali dengan sesi pendahuluan yang akan Saudara ikuti selama satu minggu. Sesi ini bertujuan untuk menunjukkan klarifikasi singkat mengenai ruang lingkup modul yang akan dipelajari (menggunakan web conference), saran dan cara penggunaan modul, klarifikasi umum kegiatan Guru Pembelajar Daring dan alur kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Daring pada modul. Selama proses pembelajaran di Sesi Pendahuluan ini, pengampu/mentor akan terlibat aktif dalam proses pembimbingan terhadap peserta.

pembelajaran guru pembelajar full online

Berikut ini yakni acara yang akan dilakukan oleh pengampu/mentor pada Sesi Pendahuluan:
  1. Pengampu gotong royong penerima melalui lembaga umum akan menyepakati acara pelaksanaan Web Conference, kemudian hasil komitmen acara akan diumumkan pada Pengumuman dan Berita.
  2. Pada pelaksanaan Web Conference, pengampu akan melaksanakan perkenalan dengan penerima dan memberikan informasi-informasi penting terkait dengan pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring.
  3. Pengampu mengarahkan penerima untuk mengerjakan instrumen kemampuan awal dilanjutkan dengan mencermati Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar, Penjelasan Umum Modul mencakup Target Kompetensi, Hasil Belajar, Prinsip Penilaian Peserta, tagihan, Saran dan Cara Penggunaan Modul dan Alur Kegiatan Pembelajaran.
  4. Pengampu harus selalu mengecek Activity Completion untuk memastikan penerima mengikuti seluruh kegiatan dan menunjukkan motivasi kepada penerima yang masih belum melaksanakan acara yang terdapat pada Sesi Pendahuluan.
  5. Peran serta yang aktif dari pengampu/mentor dan penerima akan mengoptimalkan proses pembelajaran sesi pendahuluan.

Sesi Inti

Sesi inti terdiri dari 4 sesi yang akan dipelajari dalam waktu 40 JP (1 JP setara dengan 60 menit) selama 4 minggu. Kegiatan yang akan diikuti pada setiap sesi yang terdapat di dalam sesi inti yakni sesi 2 bahan pedagogi, dan sesi 2, 3, 4 berupa bahan profesional sesuai dengan kelompok kompetensi dari masing-masing paket keahlian.

Pada setiap sesi, akan disediakan lembaga dan blog untuk mempresentasikan aneka macam temuan, pesan tersirat dan hambatan yang dihadapi oleh peserta, serta solusi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dan juga sanggup memperoleh pelajaran melalui membuatkan pengalaman dengan penerima lainnya.

Selama mempelajari modul ini, penerima harus menuntaskan seluruh kiprah (baik dalam bentuk lembar kerja maupun dokumen/non lembar kerja) yang menjadi tagihan dan menyimpannya dalam e-portofolio. Hasil final kegiatan ini dibuktikan dengan terkumpulnya laporan kegiatan Guru Pembelajar Daring Modul disertai dengan dokumen hasil kegiatan, ibarat foto-foto kegiatan.

Sesi Penutup

Sesi epilog merupakan final dari kegiatan Guru Pembelajar Daringpada Modul. Sesi ini terdiri atas persiapan pelaporan yang dilakukan melaluiweb conference, tunjangan umpan balik, kesimpulan dari bahan Guru Pembelajar Daringyang disajikan melaluiblog,post test, penilaian diri penerima terhadap pencapaian kompetensi dan penilaian penerima terhadap penyelenggaraan Guru Pembelajar Daring.

Demikian yang sanggup disampaikan semboga bermanfaat bagi kita semua, aamiin

sumber : Juknis Program peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda dalam jejaring
Related Posts