Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sd

Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD


Sahabat Gak Belajar yang berbahagia, Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita alasannya ialah pengetahuan diperoleh melalui membaca. Oleh alasannya ialah itu, keterampilan ini harus dikuasai akseptor didik dengan baik semenjak dini.

Pada masa ke-21 ini, kemampuan berliterasi akseptor didik berkaitan bersahabat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami isu secara analitis, kritis, dan reflektif. Akan tetapi, pembelajaran di sekolah ketika ini belum bisa mewujudkan hal tersebut.

Pada tingkat sekolah menengah (usia 15 tahun) pemahaman membaca akseptor didik Indonesia (selain matematika dan sains) diuji oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD- Organization for Economic Cooperation and Development) dalam Programme for International Student Assessment (PISA).
 Sahabat Gak Belajar yang berbahagia Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD

Sahabat Gak Belajar. Perlu Juga diketahui, GLS dikembangkan menurut sembilan aktivitas prioritas (Nawacita) yang terkait dengan kiprah dan fungsi Kemendikbud, khususnya Nawacita nomor 5, 6, 8, dan 9. Butir Nawacita yang dimaksudkan ialah :
  • Nomor (5) meningkatkan kualitas hidup insan dan masyarakat Indonesia; 
  • Nomor (6) meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangun bersama bangsa-bangsa Asia lainnya; 
  • Nomor (8) melaksanakan revolusi huruf bangsa; 
  • Nomor (9) memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.
Empat butir Nawacita tersebut diatas terkait bersahabat dengan komponen literasi sebagai modal pembentukan sumber daya insan yang berkualitas, produktif dan berdaya saing, berkarakter, serta nasionalis.

Untuk melaksanakan kegiatan GLS, diharapkan suatu panduan yang merupakan pembagian terstruktur mengenai lebih lanjut dari Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.

baca juga :
> Beginilah Cara Menata Sarana Literasi Sekolah di SD.
> Strategi Membangun Budaya Literasi Sekolah.
> Parameter sekolah yang telah membangun budaya literasi.

Sahabat Gak Belajar, Buku Panduan GLS (dapat diambil pada selesai artikel dibawah ini) berisi klarifikasi pelaksanaan kegiatan literasi yang terbagi menjadi tiga tahap, yakni: 
  • pembiasaan, 
  • pengembangan, dan 
  • pembelajaran beserta langkah-langkah operasional pelaksanaan dan beberapa pola mudah instrumen penyertanya.

Panduan ini ditujukan bagi kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan untuk membantu mereka melaksanakan kegiatan literasi di SD.

Target Pencapaian Pelaksanaan GLS di SD

GLS di SD membuat ekosistem pendidikan di SD yang literat. Ekosistem pendidikan yang literat ialah lingkungan yang:
  1. menyenangkan dan ramah akseptor didik, sehingga menumbuhkan semangat warganya dalam belajar;
  2. semua warganya menunjukkan empati, peduli, dan menghargai sesama;
  3. menumbuhkan semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan;
  4. memampukan warganya cakap berkomunikasi dan sanggup berkontribusi kepada lingkungan sosialnya; dan
  5. mengakomodasi partisipasi seluruh warga sekolah dan lingkungan eksternal SD.

Untuk Lebih jelasnya mengenai Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD silahkan kunjungi dan ambil Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di bawah ini :


Demikianlah yang sanggup disampaikan mengenai Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD, biar bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

0 Response to "Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sd"

Posting Komentar